HADAPI LEBARAN TOPAT BASARNAS MATARAM GELAR APEL PASUKAN DAN PERALATAN SAR

LOBAR – Jumat (30/06) sebanyak 3 pleton personil Basarnas Kantor SAR Mataram melaksanakan apel gelar pasukan dan peralatan SAR di halaman Kantor SAR Mataram. Apel khusus yang dilakukan secara interen ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit PH, S.IP, M.M.

Apel ini merupakan langkah awal kesiapsiagaan personil SAR dan peralatan SAR yang akan digunakan untuk pengamanan lebaran ketupat pada H+7 yang jatuh pada hari Minggu (02/07), dimana pada hari tersebut puncak keramaian masyarakat tertuju pada liburan bersama di pantai. Seperti tahun-tahun sebelumnya masyarakat Prov. NTB khususnya warga Lombok merayakan akhir liburan mereka di pantai, yang biasa mereka sebut dengan Lebaran Ketupat.

Untuk melakukan tindak preventif Kantor SAR Mataram menerjunkan 9 tim darat yang ditempatkan pada masing-masing titik pantai, mulai dari kawasan pantai Cemare hingga pantai Nipah dan pantai Kute Lombok Tengah. Sementara untuk tim laut dibagi menjadi 6 tim masing-masing menggunakan Kapal RB 220, Rubber Boat dan Jet Sky, dimana tim ini yang akan melakukan mobiling atau patroli dilaut dari titik satu ke titik yang lainnya. Selain itu pemantauan juga rencananya akan dilakukan dari udara dengan menggunakan persawat Trike yang diawaki langsung oleh Kepala Kantor SAR Mataram.

Dalam pengarahannya saat apel Kakansar menyampaikan agar seluruh tim yang terlibat dapat berkoordinasi dengan seluruh tim baik internal dan instansi terkait. Kakansar memerintahkan kepada seluruh tim yang terlibat di lapangan agar pro-aktif melakukan sosialiasi kepada pengunjung tentang keselamatan baik untuk diri sendiri maupun untuk yang lainnya.

Selain itu Ia juga menghimbau melalui media agar para penggunjung juga turut serta saling mengontrol dan mengingatkan satu sama lain pada saat melakukan aktivitas di pantai serta. "Keamanan dan keselamatkan merupakan tugas kita bersama, tentu dengan padatnya masyarakat yang mandi di pantai pasti ada saja lepas dari pantauan kami dan alangkah baiknya jika pada saat berenang di pantai selalu menggunakan alat apung" tambahnya. (cak/hms).

Link Terkait
PEJABAT